Efek Domino Pemecatan Jose Mourinho, Sekarang Eddie Howe Ketar-Ketir?

0

Infobola.net -AS Roma telah secara resmi mengumumkan perpisahan dengan Jose Mourinho, Selasa (16/1/2024) kemarin. Kini, Eddie Howe sepertinya bakal tidak bisa tenang duduk di kursi pelatih Newcastle, ada kemungkinan efek domino.

Kabar pemecatan Mourinho memang mengejutkan. Betul bahwa laju Roma beberapa pekan terakhir buruk, tapi ada banyak faktor eksternal yang berpengaruh, termasuk badai cedera pemain.

Mourinho tiba melatih Roma pada tahun 2021 lalu. Dia bisa mempersembahkan trofi Conference League di akhir musim pertamanya, capaian yang cukup memuaskan bagi Roma.

Sayangnya, musim ini laju Roma buruk. Mereka baru mengumpulkan 29 poin dari 20 pertandingan di liga, Mourinho pun kehilangan pekerjaannya.

Pemecatan Jose Mourinho

Ekspresi Jose Mourinho pada duel AS Roma vs Atalanta di pekan ke-19 Serie A 2023/2024 (c) AP Photo/Andrew MedichiniSelasa, 16 Januari 2024, AS Roma membuat pengumuman resmi terkait pemecatan Mourinho. Ternyata bukan hanya Mourinho yang dilepas, para asisten pelatih juga ikut cabut dari Olimpico.

Berikut bunyi pernyataan resmi AS Roma:

“AS Roma dapat mengonfirmasi bahwa Jose Mourinho dan staf kepelatihannya akan segera meninggalkan klub.”

“Mourinho diumumkan sebagai pelatih ke-60 Giallorossi pada Mei 2021. Dia memimpin tim untuk memenangkan Liga Konferensi di Tirana pada 25 Mei 2022, dan ke final Liga Europa di Budapest musim lalu.”

Bisa timbulkan efek domino?

Terkini, pemecatan Mourinho dikabarkan bisa menimbulkan efek domino. Posisi Eddie Howe di Newcastle juga sedang tidak aman. Nah, bisa saja Howe juga terdampak.

Beberapa pekan lalu, Newcastle sempat naik ke empat besar klasemen sementara Premier League. Mereka bisa bersaing ketat dengan Arsenal dan Manchester City, tampak menjanjikan.

Nahas, performa Newcastle lantas merosot drastis. Mereka empat kali kalah dalam lima pertandingan terakhir, sekarang tertahan di peringkat ke-9, tertinggal jauh dari puncak.

Nah perubahan drastis ini menimbulkan rumor bahwa Howe tidak lagi bisa membimbing timnya tampil konsisten. Isu pergantian pelatih muncul, nama Jose Mourinho lantas disebut.

Mourinho dikenal mengagumi legenda Newcastle, Sir Bobby Robson. Kekaguman ini mungkin membuatnya tertarik. Sekarang Mourinho sedang tanpa klub, wajar jika Howe merasa terancam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *