Berapa Jumlah Kartu Merah di Setiap Edisi Piala Dunia Sejak 2002?

0

infoBola.netKartu merah yang baru saja diterima kiper Wales, Wayne Hennessey jadi kartu merah pertama yang dikeluarkan di Piala Dunia 2022. Namun kira-kira akan ada banyak kartu merah yang mungkin tercipta di edisi tahun ini? Bagaimana dengan jumlah kartu merah di edisi-edisi sebelumnya?

Hennessey mendapatkan hukuman itu di laga kedua Grup B menghadapi Iran di Ahmad bin Ali Stadium, Jumat (25/11/2022) malam WIB. Kartu merah itu berpengaruh pada kekalahan Wales dari Iran dengan skor 0-2.

Kejadiannya bermula di menit ke-84. Iran dapat peluang dengan mengirimkan umpan terobosan kepada Mehdi Taremi. Karena kondisinya kosong melompong, Hennessey memutuskan keluar dari sarangnya dan coba memotong bola.

Namun, cara pengambilan Hennessey terlalu brutal. Bukannya membuang bola, ia justru menghantam badan Taremi dengan keras. Taremi terjatuh dan langsung mendapatkan perawatan.

Dua menit kemudian, wasit utama Mario Escobar memberikan kartu merah langsung kepada Hennessey setelah sebelumnya melakukan pengecekan dengan VAR.

Piala Dunia 2002

Kartu merah pertama yang muncul di Piala Dunia 2002 Korea Selatan & Jepang lahir di fase grup, tepatnya pertandingan antara Kroasia dan Meksiko.

Boris Zivkovic saat itu diusir wasit Lu Jun di menit ke-59. Pemain Kroasia tersebut mendapatkan kartu merah langsung.

Sejak momen pertama itu, ada cukup banyak kartu merah yang dikeluarkan sampai edisinya berakhir. Total ada 17 kartu merah dikeluarkan.

Piala Dunia 2006

Piala Dunia 2006 di Jerman jadi salah satu momen banjir kartu merah. Avery John, pemain Trinidad dan Tobago jadi pemain pertama yang mendapatkan kartu merah pada fase grup saat menghadapi Swedia.

Di edisi kali ini, terdapat dua pertandingan yang masing-masing terdapat tiga kartu merah, yaitu pertandingan antara Italia vs Amerika Serikat dan Kroasia vs Australia. Puncaknya tentu saja di laga Belanda vs Portugal. Empat kartu merah keluar di laga tersebut.

Maka tidak heran ada banyak sekali kartu merah yang tercipta di edisi 2006. Totalnya mencapai 28 kartu merah.

Piala Dunia 2010

Jumlah kartu merah kemudian turun di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Totalnya hanya ada 17 kartu merah.

Pemain Uruguay, Nicolas Lodeiro jadi pemain pertama yang diusir wasit saat laga fase grup antara Uruguay vs Prancis. Lodeiro diusir wasit gara-gara mendapatkan kartu kuning kedua.

Namun tidak seperti di edisi sebelumnya, tidak ada satu pertandingan di edisi 2010 yang terdapat lebih dari satu kartu merah.

Piala Dunia 2014

Jumlah kartu merah di Piala Dunia 2014 Brasil semakin turun. Dari awal turnamen sampai final, hanya ada 10 kartu merah yang diberikan wasit.

Maxi Pereira, pemain asal Uruguay menjadi pemain pertama yang diusir wasit. Kejadiannya saat laga antara Uruguay vs Kosta Rika di fase grup. Pereira mendapatkan kartu merah langsung.

Kartu merah terakhir yang keluar dari saku wasit terjadi di babak 16 besar. Oscar Duarte, pemain Kosta Rika yang memperolehnya. Ia mendapatkan dua kartu kuning saat laga melawan Yunani.

Piala Dunia 2018

Di Piala Dunia 2018 jadi turnamen yang paling sedikit jumlah kartu merahnya. Totalnya sepanjang turnamen hanya ada empat kartu merah.

Pemain Kolombia, Carlos Sanchez jadi pemain pertama yang diberi kartu merah secara langsung oleh wasit saat laga fase grup kontra Jepang. Selanjutnya Jerome Boateng, pemain Jerman saat laga melawan Swedia.

Pemain ketiga adalah Igor Smolnikov, pemain tuan rumah Rusia saat menghadapi Uruguay. Dan pemain terakhir yang mendapatkan kartu merah adalah pemain Swiss, Michael Lang saat bertemu Swedia.

Sumber : Bola.net

Baca Juga :

8 Tim Berpeluang Menjadi Juara Piala Dunia 2022

Profil Tim dan Daftar Pemain Timnas Belanda di Piala Dunia 2022

Profil Tim dan Daftar Pemain Ekuador di Piala Dunia 2022

Ngeri! Cedera di Piala Dunia 2022, Ankle Neymar Bengkak Gede, Brasil Rugi Besar

Wales Digebuk Iran di Piala Dunia 2022, Gareth Bale Auto Kena Ejek Netizen: Saya Mau Main Golf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *