Persamaan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo Musim Ini: Bikin Mantan Klub Menderita Setelah Ditinggal

0

infobola.net, Jakarta – Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo adalah dua pesepak bola hebat dan menjadi yang terbaik pada dekade yang sama. Kedua pemain yang sempat bersaing menjadi yang terbaik ketika sama-sama berkarier di Spanyol itu baru saja bergabung bersama klub baru pada musim panas lalu.

Lionel Messi baru saja bergabung bersama dengan Paris Saint-Germain (PSG) dengan status bebas transfer. Hal tersebut karena pemain asal Argentina itu gagal memperpanjang kontraknya bersama Barcelona karena aturan salary cap yang diterapkan La Liga, sehingga Messi harus mengalami pemotongan gaji yang sangat besar jika masih ingin bermain di Camp Nou.

Sementara itu, Cristiano Ronaldo, yang pernah menjadi rival bebuyutan Messi kala bintang Portugal itu memperkuat Real Madrid, juga baru saja bergabung bersama klub lamanya, Manchester United, pada musim panas lalu. Pemain yang karib disapa CR7 itu bergabung bersama The Red Devils dari Juventus.

Kini Lionel Messi berkarier di Prancis, sementara Cristiano Ronaldo yang sempat berkarier di Italia setelah meninggalkan Real Madrid, kini kembali ke Inggris. Performa kedua pemain cukup pasang dan surut bersama klub barunya, tapi yang lebih mengejutkan, klub yang telah mereka tinggalkan justru terpuruk luar biasa pada musim ini.

Barcelona dan Juventus seakan kesulitan untuk bersaing di level teratas kompetisi domestik masing-masing. Bahkan yang lebih pahit, Barcelona tersingkir dari Liga Champions di fase grup dan harus melanjutkan kiprah di Liga Europa musim ini.

Seperti apa kondisi Barcelona dan Juventus sepeninggalan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo pada musim panas lalu?

Barcelona Sampai Tersingkir di Fase Grup Liga Champions

Barcelona yang telah melewati 18 pertandingan di La Liga musim ini harus berjuang untuk bisa ke papan atas. Kini, Blaugrana berada di posisi ketujuh dengan 28 poin dari hasil tujuh kemenangan dan tujuh hasil imbang dari 18 pertandingan.

Barcelona terpaut sampai 18 poin di belakang Real Madrid yang ada di puncak klasemen La Liga Spanyol. Tim yang baru ditangani oleh mantan gelandang legendarisnya, Xavi Hernandez, itu seperti belum menemukan performa terbaiknya. Dalam lima laga terakhir, Barcelona hanya meraih du akemenangan di La Liga Spanyol.

Dalam 18 pertandingan yang sudah dijalani, Barcelona hanya mencetak 29 gol dan kebobolan 22 kali. Sejauh ini, Memphis Depay menjadi pemain yang paling banyak mencatatkan namanya di papan skor dengan torehan 8 gol dalam 15 laga.

Sementara itu, perginya Lionel Messi juga berdampak kepada performa Barcelona di kancah Eropa. Barcelona harus meninggalkan kompetisi elite Eropa itu setelah hanya mampu finis di peringkat ketiga dalam klasemen fase grup.

Juventus Berusaha Kembali ke Papan Atas

Sementara itu, Juventus yang pada musim lalu untuk pertama kalinya gagal meraih Scudetto dalam satu dekade terakhir, kini masih sulit untuk bisa menemukan konsistensi. Padahal pelatih langganan juara bersama Bianconeri, Massimiliano Allegri, sudah didatangkan kembali di Turin.

Kepergian Cristiano Ronaldo pada musim panas lalu cukup mengurangi ketajaman lini serang Juventus. Bahkan dalam 19 laga yang sudah mereka mainkan pada putaran pertama Serie A Liga Italia itu, Juventus hanya mencetak 27 gol dan sudah kebobolan 17 kali.

Juventus kini berada di peringkat kelima dalam klasemen Serie A Liga Italia, setelah sempat beberapa saat turun ke papan tengah. Namun, dalam lima laga terakhir di Serie A, Juventus tidak terkalahkan, bahkan meraih empat kemenangan.

Namun, boleh dibilang Juventus sempat merana hingga kesulitan untuk bisa bersaing di papan atas Liga Italia. Tanpa kehadiran Cristiano Ronaldo, Juventus mengandalkan Alvaro Morata dan Paulo Dybala di lini serang, di mana kedua pemain sudah sama-sama mencetak lima gol di Serie A musim ini.

sumber : bola.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *