Kenapa Villarreal Tidak Bisa Jumpa Liverpool di 16 Besar UCL dan Otomatis Ketemu Juventus?

0

infobola.netHasil undian ulang 16 besar Liga Champions 2021/22 telah selesai. Namun undian ulang ini menimbulkan sejumlah tanda tanya dari para fans, khususnya untuk masalah undian lawan Villarreal.

Seperti yang sudah diketahui, undian 16 besar Liga Champions diulang. Karena ada kesalahan teknis saat undian lawan Atletico Madrid.

Undian ulang dilakukan beberapa saat yang lalu. Untuk menghindari kesalahan serupa terjadi, selain software yang sudah disiapkan UEFA, UEFA menaruh panelis independen yang akan memvalidasi hasil undian agar tidak terjadi kesalahan serupa.

Hasil undian kali ini tergolong lancar. Namun ada beberapa warganet yang bertanya mengapa di undian pertandingan keenam, Villarreal harus dipertemukan dengan Juventus.

Simak penjelasan kami berikut ini.

Kondisi Undian

Pada saat itu, Villarreal mendapatkan undian untuk pertandingan keenam. Pada saat itu masih ada PSG dan Inter Milan yang sama-sama berstatus runner up belum mendapatkan lawan.

Pada saat itu calon lawan yang bisa mereka hadapi ada tiga tim, yaitu Real Madrid, Juventus dan Villarreal.

Mengacu pada aturan UEFA, sebuah tim tidak boleh bertemu dengan tim dengan kriteria: 1. Berada di grup yang sama di fase grup; 2. Berasal dari satu negara yang sama.

Jika melihat tiga calon lawan Villarreal, hanya Real Madrid yang tidak bisa jadi lawan The Yellow Submarine karena berasal dari negara yang sama. Namun kenapa Liverpool yang tidak satu grup dan tidak satu negara dengan Villarreal tidak bisa jadi lawan Villarreal?

Faktor Tim Berikutnya

Keputusan UEFA tidak memasukkan Liverpool sebagai calon lawan Villarreal adalah keputusan tepat. Karena itu berhubungan dengan tim berikutnya yang belum mendapatkan undian, yaitu Inter Milan.

Andai kata Villarreal hasil undiannya bertemu Liverpool, maka Inter Milan tidak punya lawan di 16 besar. Karena dua tim yang tersisa, Juventus dan PSG tidak memenuhi syarat untuk jadi lawan.

Juventus tidak bisa jadi lawan Inter karena mereka satu negara. Sementara Real Madrid tidak bisa mereka lawan karena satu grup di fase grup.

Jadi untuk menghindari situasi ini, UEFA menggugurkan Liverpool dari calon lawan Villarreal dan langkah itu adalah langkah yang tepat.

Hasil Undian 16 Besar

  • FC Salzburg vs Bayern Munchen
  • Sporting Lisbon vs Manchester City
  • Benfica vs Ajax
  • Chelsea vs Lille OSC
  • Atletico Madrid vs Manchester United
  • Villarreal vs Juventus
  • Inter Milan vs Liverpool
  • PSG vs Real Madrid

Jadwal 16 Besar Liga Champions

UEFA mengonfirmasi bahwa pertandingan 16 besar Liga Champions akan dimulai pada bulan Februari 2022. Tim runner up akan berstatus sebagai tuan rumah terlebih dahulu.

Untuk leg pertama akan digelar pada tanggal 22-23 Februari 2022 sementara leg kedua akan digelar 8-9 Maret 2022.

Sumber : bola.net

Baca juga :

Tim yang Untung dan yang Rugi Akibat Undian UCL Diulang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *