Liga Inggris: Efek Fantastis Cristiano Ronaldo, Harga Saham dan Nilai Pasar Manchester United Terus Melesat

0

InfoBola.net, Manchester – Kedatangan Cristiano Ronaldo dan kembalinya fans ke Old Trafford sangat menguntungkan bagi Manchester United. Harga saham MU melonjak dan nilai klub naik sebesar 550 juta pounds atau setara Rp10,6 triliun hanya dalam 54 hari. 

Kepastian lolos ke Liga Champions, kesepakatan komersial, dan musim mendatang yang bebas dari pembatasan virus corona adalah faktor yang lebih signifikan dalam peningkatan nilai Manchester United tersebut. Pemilik MU, keluarga Glazers, bisa tersenyum lebar karena saham klub terus naik. 

Setan Merah memboyong kembali Cristiano Ronaldo dari Juventus pada hari terakhir bursa transfer musim panas 2021, meskipun kesepakatan sudah diumumkan empat hari sebelumnya pada 27 Agustus. 

Seperti dikutip dari The Sun, Rabu (6/10/2021), dua pekan sebelumnya, tribune Old Trafford penuh sesak untuk pertama kalinya dalam 18 bulan untuk pertandingan pembuka Premier League melawan Leeds United. Itu bertepatan dengan lonjakan harga saham Manchester United PLC yang signifikan di Bursa Efek New York.

Pada 4 Agustus 2021, harga saham MU turun menjadi 11,70 pounds (Rp225.940) per lembar, dengan nilai pasar klub sebesar 1,91 miliar pound (Rp36,8 triliun). Selanjutya, harga saham per lembar dan nilai klub meningkat pada 26 Agustus menjadi 12,72 pounds (Rp245.637) dan 2,08 miliar pounds (Rp40,1 triliun).

Namun, 24 jam kemudian setelah berita Cristiano Ronaldo meratap ke Old Trafford, harga saham Manchester United melonjak hingga 13,46 pounds (Rp279.144) per lembar dan nilai pasar klub menjadi 2,19 miliar pounds (Rp42,2 triliun).

Saham Terus Merangkak Naik

Sejak itu, nilai saham Manchester United terus merangkak naik, dan mencapai puncaknya pada 27 September menjadi 15,09 pounds (Rp291.297) per lembar dan nilai klub menjadi 2,46 miliar pounds (Rp47,4 triliun). 

Kesimpulannya, nilai klub naik hingga 550 juta pounds hanya dalam 54 hari. 

Dari 4 Agustus hingga 27 September, peningkatan keseluruhan adalah 29 persen, dengan 11 persen dalam tiga pekan terakhir – didorong oleh laporan keuangan yang relatif positif yang dirilis klub.

Ada Faktor Lain

Namun, seorang ahli keuangan sepak bola – yang meminta untuk tidak disebutkan namanya – percaya meskipun Ronaldo dan para pendukung memainkan beberapa bagian, alasan lain lebih penting.

“Pasar selalu berpikiran maju. Manchester United berada di Liga Champions musim ini dan kemungkinan akan kembali lagi musim depan,” kata ahli keuangan tersebut kepada The Sun

“Mereka juga telah menandatangani lebih banyak kesepakatan komersial dalam musim yang diharapkan bebas Covid-19. Perekrutan Cristiano Ronaldo memiliki dampak yang relatif kecil. Ada reaksi emosional.”

“Masalah penjualan kaus terlalu dibesar-besarkan. United biasanya menjual sekitar 3 juta kaus per tahun. Jika Anda akan membeli kaus ‘Ronaldo 7’, itu berarti Anda tidak membeli kaus Manchester United dengan Fernandes atau Rashford di belakang,” imbuhnya. 

Sumber: Bola.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *